Search
Saturday 16 December 2017
  • :
  • :

LKC Dompet Dhuafa Bina Pelajar SMKN 20 Jakarta

LKC Dompet Dhuafa Bina Pelajar SMKN 20 Jakarta

SMKN 20 – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC Dompet Dhuafa) membina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMKN 20 Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian LKC Dompet Dhuafa terhadap kesehatan remaja dan anak sekolah.

Kegiatan bertajuk “Pemuda Pejuang  Bangsa” yang dilaksanakan Selasa (20/11/2012) ini digawangi Divisi Promosi Kesehatan (Promkes) LKC Dompet Dhuafa, merupakan rangkaian acara Milad LKC Dompet Dhuafa yang ke-11. Selain pembinaan terhadap UKS sekolah tersebut, juga dilakukan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan golongan darah dan penggalangan donasi. Kegiatan serupa juga dilangsungkan di 8 sekolah wilayah Jabodetabek.

Menurut Staf Promkes LCK Dompet Dhuafa Anisa Megautami, S.Kep, tujuan dari kegiatan tersebut untuk membentuk siswa yang berkarakter peduli kepada sesama. Selain itu siswa juga dapat mengetahui  tentang kesehatan melalui penyuluhan.

“Kali ini kami memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi kepada siswa dan pemeriksaan golongan darah,” ungkap Anisa, saat ditemui usai acara.

Sebagi wujud kepedulian siwa kepada kaum dhuafa, lanjutnya,  siswa diajak untuk menjadi pendonor darah.  Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk mengisi lembar kesediaan menjadi donor jika ada yang membutuhkan. Saat bersamaan para siswa juga diajak menggalang donasi yang akan disalurkan untuk membantu pasien dhuafa  di LKC Dompet Dhuafa.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 20 Yuli Rahayu, S.Pd menyambut postif kegiatan yang digelar oleh LKC Dompet Dhuafa. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat membantu pihak sekolah memberikan pemahaman kepada siswa tentang pola hidup sehat, khususnya dalam hal kesehatan reproduksi.

Ia berharap pelatihan dan pembinaan anak sekolah ini tidak hanya berhenti bagi siswa SMKN 20 saja, tetapi ada rangkaian kegiatan yang lain dan dapat bermanfaat bagi remaja di masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa, karena telah memilih SMKN 20 untuk melakukan pelatihan dan pembinaan,” ucapnya.

Sementara itu Pelaksana Harian Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMKN 20 Leny Karyawaty,SE juga merasa terbantu dengan adanya kegiatan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan donor darah.

“Alhamdulillah karena bertemu dengan LKC seperti gayung bersambut dengan program UKS,  yang sebelumnya ingin mandiri . Saya sangat senang sekali, dan saya berharap kedepan bisa berjalan lebih baik lagi,” ungkap Leny yang juga guru di sekolah ini.




Leave a Reply