SKMN 20 Juara 7 Economic Competition Di Trisakti School of Management (TSM)

SKMN 20 Juara 7 Economic Competition Di Trisakti School of Management (TSM)

SMKN 20 – Pada tanggal 20-21 November 2015, Trisakti School of Management (TSM) kembali mengadakan kompetisi tahunan ekonomi yang bertajuk “Creating Professionals an Top Entrepeneurs” di gedung TSM. Perlombaan ini diikuti oleh sekitar 50 tim SMA/SMK Se-Jabodetabek. Pada perlombaan kali ini, tim SMK Negeri 20 Jakarta mengirimkan 2 tim dengan 3 anggota di setiap timnya yaitu dengan tim A (Yeni, Yunita, Nindi) dan tim B (Fadilah, Lulu, Tri). 2 hari sebelum perlombaan kami mengikuti Technical Meeting tepatnya hari Rabu, tanggal 18 November 2015 di ruang studio TSM. Lomba ini terdiri dari 3 babak, yaitu Babak Penyisihan Tertulis, Babak Cepat Tepat Lisan (semifinal), dan Babak Cepat Tepat Lisan (final).

Setelah melakukan registrasi ulang, kami kemudian masuk ke ruangan masing-masing yang telah ditentukan untuk mengikuti babak pertama yang tertulis dengan menyelesaikan 50 soal dan 1 soal studi kasus dengan waktu 60 menit. Dari babak ini tim yang akan melaju ke babak semifinal berjumlah 16 tim. Akhirnya, kami mampu menyelesaikan babak tersebut dan Tim A juga Tim B SMK Negeri 20 Jakarta lolos ke babak semifinal dengan menduduki peringkat 5 besar. Yaitu, Tim A memperoleh peringkat 4 dengan jumlah nilai 72. Dan Tim B memperoleh peringkat 5 dengan jumlah nila 67.

Setelah ISHOMA, tim yang lolos ke babak semifinal akan diundi dengan kocokan untuk pembagian sesi Cepat Tepat Lisan yang terdiri dari 4 sesi dan memperebutkan peringkat 1 dan 2 untuk melaju ke putaran final. Di babak ini Tim A SMKN 20 memperoleh undian pada sesi ke-3 dan Tim B SMKN 20 memperoleh undian pada sesi ke 4. Pada sesi ke-3, Tim A SMKN 20 berhasil meraih poin tertinggi urutan kedua setelah SMA Methodis Tim A. Sedangkan, pada sesi ke-4 yang berhasil lolos ke babak final yaitu SMAN 20 dan SMA Damai.

Pada babak final kali ini terdapat 2 sesi, sesi pertama untuk merebutkan juara 5 sampai 8. Dan, sesi kedua untuk merebutkan juara 1 sampai 4. Pada final sesi pertama, Tim A SMKN 20 melawan Tim B SMA Methodis, SMA Damai dan SMA Budi Agung. Pada sesi ini poin tertinggi diraih oleh Tim SMA Methodis, sedangkan Tim kami dan SMA Damai hampir memperoleh poin yang sama. Tapi, di akhir sesi SMA Damai mendapat poin lebih unggul dengan selisih yang sangat tipis dengan poin tim kami. Alhasil, kami menduduki peringkat ke 3 dari sesi tersebut sekaligus meraih juara 7 di kompetisi ekonomi kali ini. Acara kemudian dilanjutkan hingga penyerahan hadiah dan penghargaan , Juara 1 SMA Methodis Tim A, Juara 2 SMA Santa Leo 2, Juara 3 SMA Pusaka Abadi, Juara 4 SMAN 20, Juara 5 SMA Methodis Tim B, Juara 6 SMA Damai, Juara 7 SMKN 20 Tim A, dan Juara 8 SMA Budi Agung.

Dan pada kompetisi ekonomi kali ini , kembali Tim SMKN 20 kembali menjadi satu-satunya SMK yang mampu lolos ke babak semifinal hingga ke putaran final. Namun, ada beberapa peserta dan juri tak heran dengan lolosnya tim kami. Ini membuktikan bahwa SMK 20 sangat pantas bersaing dengan tim SMA dalam ajang kompetisi ekonomi lainnya.




Leave a Reply