Akuntansi Dan Keuangan Lembaga

Kompetensi Keahlian Akuntansi merupakan salah satu dari 4 kompetensi yang ada di SMK Negeri 20 Jakarta. Akuntansi adalah proses menelusuri transaksi keuangan dari suatu perusahaan. Selama dimana ada transaksi keuangan, perusahaan perlu melacak keluar masuknya aliran dana mereka untuk menentukan rugi laba yang diperoleh. Hal ini sangatlah penting dalam menilai kemajuan dalam suatu perusahaan.

Pada kompetensi keahlian Akuntansi ini peserta didik mempelajari proses pengidentifikasian transaksi, pencatatan, penggolongan, pengikhitisaran dan pelaporan. Laporan yang dihasilkan oleh bagian akuntansi  adalah laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Untuk mendukung pekerjaan tersebut diatas, maka peserta didik perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan sebagai berikut :

  1.     Mengelola bukti transaksi keuangan
  2.     Mengelola buku jurnal
  3.     Mengelola buku besar
  4.     Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan Jasa
  5.     Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang
  6.     Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan manufaktur
  7.     Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan berbasis komputer
  8.     Mengelola akuntansi pajak
  9.     Mengelola akuntansi koperasi
  10.     Mengelola transaksi perbankan

Lulusan peserta didik Akuntansi diharapkan mampu bersaing di Era Pasar Bebas, dimana tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang baik dapat bekerja di dalam maupun luar negeri. Sekarang ini, banyak perusahaaan-perusahaan yang memiliki departemen keuangan. Departemen ini tidak hanya berurusan dengan perputaran keuangan, pendapatan dan biaya produksi suatu perusahaan, tetapi juga mengurus hukum perpajakan. Selain itu, data-data keuangan ini akan digunakan untuk memprediksi ekspansi perusahaan yang bersangkutan.

Jika Anda punya rasa antusias terhadap bidang keuangan, ingin menyelami dunia bisnis dengan lebih mendalam dan ingin karir Anda sukses saat bekerja di perusahaan, mungkin Jurusan Akuntansi adalah pilihan yang tepat.

Akan tetapi, mempelajari Akuntansi tidak berarti hanya mengandalkan bakat Matematika dan Bisnis. Minat akan Bidang Hukum dan Ilmu Ekonomi juga diperlukan. Mengapa demikian? karena selain diharuskan untuk menguasai berbagai pengetahuan mengenai transaksi keuangan, Anda juga akan dituntut untuk mempelajari hukum mengenai perpajakan dan kebijakan keuangan. Jadi, akuntansi itu tidak sesederhana ilmu berhitung, akan tetapi juga mencakup bidang studi yang luas.

Oleh karena itu, para siswa yang ingin mengambil jurusan ini haruslah pribadi yang cepat tanggap, mau berusaha keras, dan juga bersedia meluangkan waktu untuk banyak membaca walaupun tidak dalam jam pelajaran.