Perbankan Syariah

Kompetensi keahlian Perbankan Syariah merupakan salah satu dari 4 kompetensi yang ada di SMK Negeri 20 Jakarta. Jurusan perbankan syariah bisa dibilang jurusan yang baru di SMK dan masih dalam hitungan jari SMK yang membuka jurusan ini. Dengan keahlian lulusan yang dimiliki, peluang kerja pun lumayan banyak. Lihat saja industri-industri berbasis sistem syariah yang saat ini berkembang dan melingkupi segala bidang.

Melihat besarnya pasar lembaga-lembaga menggunakan sistem syariah yang makin menggurita, lulusan jurusan perbankan syariah memiliki peluang yang lumayan luas. Mereka bisa mengisi bidang pekerjaan seperi teller, bagian administrasi pada lembaga keuangan seperti bank, operator mesin hitung, dan sebagainya. Akan tetapi, lebih baik lagi kalau lulusan perbankan syariah bisa melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi untuk memperdalam kompetensi dan karirnya.

Siswa yang mengambil jurusan perbankan syariah, mereka akan ditempa dalam situasi kerja nyata dalam bidang yang digelutinya. Mereka bisa menempati pos-pos yang relevan untuk kegiatan prakerin atau magang misalnya saja pada lembaga bank yang berbasis sistem syariah, koperasi- koperasi atau BMT.

Pada kompetensi keahlian perbankan syariah ini peserta didik mempelajari bagaimana menganalisa dan membuat pembukuan keuangan suatu badan usaha, membuat deskripsi dan melakukan interpretasi terhadap permasalahan akuntansi, dan mampu mengoperasikan software dan periferal yang dapat membantu kegiatan akuntansi.

Untuk mendukung pekerjaan tersebut diatas, maka peserta didik perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan sebagai berikut :

  1. Memahami uang dan lembaga keuangan
  2. Memahami jenis dan operasional bank
  3. Memahami sumber dana bank
  4. Memahami kredit bank
  5. Memahami jasa bank lainnya
  6. Memahami lalu lintas pembayaran transaksi
  7. Memahami etika dan pelayanan nasabah
  8. Memahami bank umum berdasarkan prinsip syariah
  9. Memahami perusahaan pegadaian
  10. Memahami perusahaan leasing (sewa guna)
  11. Memahami perusahaan asuransi
  12. Memahami pasar modal
  13. Memahami pasar valuta asing
  14. Memahami koperasi simpan pinjam
  15. Memahami perusahaan anjak piutang (factoring)
  16. Memahami perusahaan dana pensiun
  17. Memahami perusahaan modal ventura
  18. Memahami usaha kartu plastik
Jurusan perbankan syariah bisa dijadikan pandangan atau referensi untuk melanjutkan pendidikan setelah amat SMP. Menilik peluang yang lumayan banak mengisi pangsa pasar sistem syariah, jurusan ini memiliki kans yang besar bagi siswa lulusannya. Disamping itu banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini untuk mengakomodir khususnya siswa- siswa jurusan perbankan syariah SMK dalam melanjutkan pendidikannya dan memperdalam kompetensinya.