Peserta UNBK di SMKN 20 Jakarta Selatan Minum Susu Bersama dan Sungkem Kepada Para Guru

Peserta UNBK di SMKN 20 Jakarta Selatan Minum Susu Bersama dan Sungkem Kepada Para Guru

Ratusan pelajar SMKN 20 Jakarta Selatan berkumpul di area terbuka di lingkungan sekolah di Jalan Melati, Cilandak. Selain mendapatkan arahan dari guru, mereka melangsungkan doa bersama demi kelancaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang mulai digelar hari ini, Senin (25/3/2019). Di kesempatan itu, pihak sekolah juga menyediakan susu untuk diminum bersama.

UNBK di sekolah itu dibagi menjadi beberapa sesi, mengingat jumlah komputer yang tidak sebanding dengan jumlah siswa. Sambil menunggu sesi berikutnya, puluhan siswa berkumpul di masjid dan menjalankan shalat dhuha serta berdoa. Sebagian menunjukkan wajah tegang. Tetapi, lebih banyak dari mereka yang mencoba rileks dengan berbincang atau bergurau dengan temannya.

Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali bersama jepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono memberikan motivasi kepada para siswa agar mendapatkan nilai yang baik dalam mengerjakan ujian. Fitriani Rizky Amalia (18), siswi kelas 12 Jurusan Pemasaran menggenggam erat beberapa lembar kertas beberapa saat jelang UNBK dimulai. Ia mendapatkan kesempatan sesi kedua, karena jumlah komputer terbatas. Fitri mengaku sedikit cemas meski sudah mengikuti sejumlah simulasi yang diadakan oleh sekolah. “Sudah beberapa kali ikut simulasi, tapi tetap saja deg-degan,” ujarnya kepada Warta Kota.

Fitri dan ratusan siswa lainnya telah mengikuti pendalaman materi yang digelar pihak sekolah sejak beberapa waktu lalu. Hingga pekan lalu, siswa juga masih membahas contoh-contoh soal ujian. “Dari sisi mental insya Allah siap. Beberapa hari lalu juga sekolah mengadakan istighosah dan doa bersama. Mudah-mudahan dapat hasil yang terbaik,” kata Fitri.

Kadis Pendidikan Ratiyono meminta kepada siswa untuk konsentrasi dan tenang dalam mengerjakan soal-soal. “Selamat mengerjakan dan berusaha tenang dalam mengerjakan soal agar mendapatkan hasil terbaik,” ungkapnya. Ia menyebut, UNBK tingkat SMK di Jakarta diikuti sebanyak 69.407 siswa baik dari SMK swasta dan negeri. “Kami sudah melakukan persiapan sebelumnya. Kami sudah menyiapkan 1501 server dan pelaksanaan ujiannya dilakukan di 578 sekolah. Siswa SMK ini akan melaksanakan ujian sampai dengan tanggal 28 Maret nanti,” ungkapnya.

Sumber : https://wartakota.tribunnews.com




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *